Email adalah dasar dari setiap bisnis yang baik. Orang mungkin mengatakan pemasaran email sudah lama mati, tetapi ada sejumlah alasan mengapa email masih menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan untuk menghasilkan, memelihara, dan terlibat dengan pelanggan target Anda. Itu cepat, memungkinkan untuk menyesuaikan pesan untuk berbagai kelompok pelanggan, tidak mengganggu (tentu saja lebih sedikit dari panggilan telepon), hampir semua orang sekarang memiliki akun email dan juga salah satu metode yang paling hemat biaya di luar sana, cocok untuk kecil bisnis dengan anggaran yang sangat ketat! Jika Anda membutuhkan cara yang efisien untuk menghasilkan arahan, memiliki lebih banyak penjualan, terus memberi tahu pelanggan tentang merek Anda, pemasaran email adalah cara yang tepat!

  • 47% orang menggunakan perangkat seluler untuk memeriksa kampanye email rata-rata, sementara 26,9% menggunakan desktop dan 26,1% menggunakan webmail. (Laporan Metrik Pemasaran Email Vision6)
  • 40% konsumen mengatakan bahwa ponsel mereka adalah perangkat utama mereka untuk memeriksa email. (The Relevancy Group)
  • 63% dari "sangat sukses" menggunakan sistem otomasi pemasaran mereka secara luas, sementara 37% mencapai status terbaik di kelasnya dengan penggunaan terbatas. (Three Deep & Ascend2 “Marketing Automation Trends for Success”)
  • Email pribadi memberikan tingkat transaksi enam kali lebih tinggi. (Experian)
  • Email dengan konten pesan yang dipersonalisasi menerima kenaikan 5% dalam tarif terbuka dibandingkan dengan email tanpa personalisasi. (Statista)
  • Segmentasi daftar email dan email pribadi adalah strategi email paling efektif tahun 2017. (DMA)


Email adalah salah satu alat komunikasi bisnis paling umum di mana-mana dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaan email dalam bisnis termasuk berkomunikasi dengan rekan kerja dan pelanggan, menjadwalkan pertemuan, mengirim pemberitahuan otomatis dan berbagi nawala dengan pelanggan lama dan baru. Salah satu kelebihan email dalam komunikasi bisnis adalah bahwa hal itu sangat umum sehingga setiap orang menganggap siapa pun yang memiliki akses Internet dapat mengirim dan menerima email. Email juga telah digunakan oleh beberapa scammer dan peretas dalam beberapa tahun terakhir, jadi penting untuk waspada terhadap pesan penipuan.

Penggunaan Email di Kantor

Peran utama email dalam komunikasi bisnis adalah menghubungkan orang-orang dalam perusahaan atau organisasi yang sama. Email sangat sering digunakan untuk mengajukan pertanyaan rekan kerja tanpa harus mengganggu mereka dengan panggilan telepon atau ketukan di bahu. Mereka terbiasa mengirimkan pengumuman dan risalah rapat, untuk mendistribusikan formulir penting dan melakukan survei di tempat kerja.

Banyak kantor memiliki berbagai milis internal yang dapat digunakan orang untuk mengirim pesan untuk membawanya ke unit tertentu perusahaan, apakah itu semua orang yang bekerja di sumber daya manusia yang mungkin perlu melihat pembaruan kebijakan liburan atau semua orang yang bekerja di lantai tertentu yang harus tahu ini hari ulang tahun rekan kerja. Email juga sering digunakan dengan alat kalender terintegrasi dari penyedia seperti Microsoft dan Google untuk menjadwalkan rapat dan acara lainnya.

Lampiran email biasanya digunakan sebagai cara untuk berbagi file, dari dokumen Microsoft Word hingga sampel bahan iklan seperti logo atau jingle.

Orang-orang semakin memeriksa email perusahaan pada perangkat pribadi seperti smartphone, yang memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja di luar kantor. Ini bisa positif dan negatif: Orang-orang dapat lebih mudah bekerja dari rumah atau dengan cepat check-in selama perjalanan pagi, tetapi mereka juga mungkin memiliki lebih sedikit jam kerja yang sebenarnya ketika tidak berada di kantor.

Orang-orang semakin memeriksa email perusahaan pada perangkat pribadi seperti smartphone, yang memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja di luar kantor. Ini bisa positif dan negatif: Orang-orang dapat lebih mudah bekerja dari rumah atau dengan cepat check-in selama perjalanan pagi, tetapi mereka juga mungkin memiliki lebih sedikit jam kerja yang sebenarnya ketika tidak berada di kantor.

Sopan Santun dalam email di tempat kerja

Peran vital email dalam komunikasi bisnis membuatnya tidak mengherankan bahwa telah berkembang aturan etiket formal dan informal di seputar email.

Orang-orang pada umumnya mencoba menangani email dengan tingkat profesionalisme tertentu, memastikan memiliki baris subjek yang jelas dan ringkas yang membuat email mudah dikenali di kotak masuk dan membayar setidaknya beberapa perhatian pada tata bahasa, ejaan, dan kapitalisasi. Sebagian besar orang mencoba untuk menghindari segala bentuk komentar yang tidak berwarna dalam email perusahaan, termasuk lelucon yang rasanya meragukan, rujukan pada politik dan agama atau pukulan apa pun pada majikan mereka.

Beberapa orang juga mencoba tampil ceria di email perusahaan, karena sulit untuk menentukan nada hanya dengan melihat pesan tertulis. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tanda seru atau emoji, meskipun berlebihan mungkin tampak tidak profesional. Secara umum, Anda akan ingin mengikuti jejak orang lain di organisasi Anda ketika datang ke bagaimana menyusun email ke rekan kerja atau pelanggan.

Banyak organisasi memiliki kebijakan mereka sendiri tentang email, seperti mengharuskan format tanda tangan tertentu ditambahkan ke setiap email keluar. Beberapa tempat kerja memiliki kebijakan tentang kapan, jika pernah, email perusahaan dapat digunakan untuk alasan pribadi. Banyak juga yang memiliki kebijakan kapan email harus disimpan atau dihapus demi keamanan.

Pesan Email Otomatis
Menerima pesan email otomatis dari organisasi yang berbisnis dengan Anda sudah menjadi hal biasa. Outlet belanja online mengirimkan pemberitahuan penjualan, konfirmasi pembelian, dan informasi terbaru tentang jadwal pengiriman. Surat kabar dan organisasi media lainnya mengirimkan email otomatis dengan tajuk utama dan berita terbaru.

Ada berbagai perusahaan yang dapat mengirim email otomatis untuk bisnis, termasuk email pemasaran dan yang dipicu oleh pembelian, kadang-kadang disebut email transaksional. Undang-undang tertentu mengatur kapan perusahaan dapat menyimpan alamat email orang, ketika mereka diminta untuk memungkinkan orang memilih keluar dari email dan kapan mereka dapat mengirim pesan pemasaran. Pastikan Anda mematuhi peraturan di yurisdiksi Anda dan, berpotensi, di tempat-tempat orang yang Anda kirimi email bekerja atau tinggal.

Beberapa penyedia email komersial dapat membantu Anda mengelola penyisihan, daftar langganan, dan informasi lainnya. Toko sekitar untuk menemukan satu yang memenuhi kebutuhan Anda dengan harga yang Anda suka.

Dunia Buletin Email

Newsletter email menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bisnis menggunakannya untuk menjangkau pelanggan dan memberi tahu mereka tentang penjualan, produk baru atau layanan yang ada. Misalnya, bisnis pembersihan kolam mungkin mengirim buletin yang mengingatkan orang tentang layanannya saat musim panas tiba, atau studio podcast mungkin mengirimkan buletin email yang mengumumkan seri baru atau musim baru dari pertunjukan yang ada.

Dalam kasus lain, buletin itu sendiri adalah produk. Beberapa organisasi media dan kelompok lain telah sukses dengan buletin berbayar yang berisi informasi yang tidak tersedia di tempat lain. Beberapa di antaranya dibuat dengan platform khusus atau melalui alat crowdfunding seperti Patreon.

Seperti halnya email komersial lainnya, jika Anda mengirim buletin email, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki persetujuan eksplisit dari orang yang Anda kirimi pesan dan mereka memiliki cara mudah untuk berhenti berlangganan. Anda mungkin mengundang orang untuk mendaftar buletin ketika mereka mengunjungi situs Anda atau ketika mereka menyelesaikan transaksi, misalnya. Biasanya, jika Anda menawarkan buletin berbayar, Anda harus memastikan orang memiliki cara mudah untuk membatalkan langganan mereka dan berhenti ditagih.

Risiko Penipuan Email
Penipuan email, sering dikenal sebagai phishing, telah menjadi lazim dalam beberapa tahun terakhir. Scammers mengirim email kepada orang-orang yang menyamar sebagai institusi tepercaya atau bahkan rekan kerja individu, berusaha menipu penerima untuk mengirim uang atau memberikan informasi berharga seperti nama pengguna dan kata sandi. Dalam beberapa kasus, email ini dikirim secara massal ke sejumlah besar penerima, tetapi dalam kasus lain mereka secara khusus ditargetkan untuk penerima tertentu.

Malware kadang-kadang juga didistribusikan melalui email, biasanya melalui lampiran atau tautan ke situs teduh yang termasuk dalam pesan email. Dalam beberapa kasus, jika file yang dicurigai dibuka, itu akan menginfeksi komputer penerima dan menggunakan perangkat lunak emailnya untuk mengirimkan lebih banyak salinan dirinya ke kontak penerima asli.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan email, perhatikan alamat dari mana pesan berasal dan pastikan mereka benar-benar cocok dengan orang atau lembaga yang mereka klaim berasal. Periksa apakah ada tautan dalam email yang menuju ke situs yang mereka klaim akan taut. Jika Anda menerima email yang tidak terduga dengan lampiran, periksa apakah itu sebenarnya dari orang yang mengaku berasal, bahkan jika Anda perlu menelepon atau mengirim pesan kepada orang tersebut untuk mengkonfirmasi identitas.

Banyak perusahaan memiliki perangkat lunak antivirus untuk memindai surel masuk dan keluar untuk mencari malware, tetapi tetaplah waspada untuk menghindari penipuan.

Alternatif untuk Email

Di beberapa kantor, email semakin banyak digantikan oleh perangkat lunak pengiriman pesan instan, seperti Microsoft Teams atau Slack. Perusahaan juga menggunakan alat olahpesan dan perangkat lunak jejaring sosial untuk berbicara dengan pelanggan, seringkali melalui kotak obrolan otomatis atau tautan yang ditempatkan di situs web perusahaan.

Platform real-time ini seringkali bisa lebih cepat dan lebih nyaman daripada menggunakan email. Banyak juga membuatnya mudah untuk berbagi file atau bahkan mengatur sesi konferensi suara dan video, sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara langsung melalui email.

Namun, tidak mungkin platform ini akan sepenuhnya menggantikan email dalam waktu dekat.

Banyak orang saat ini mengatakan bahwa kampanye email tidak berfungsi lagi, Anda harus fokus pada saluran komunikasi lain dan berhenti menggunakan email. Saya pikir alasan orang mengatakan ini adalah karena mereka tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dari itu - dan bukannya mencoba untuk mengetahui kesalahan mereka dan memperbaikinya, mereka sepenuhnya mengabaikan pemasaran email. Anda bisa mendapatkan hasil yang luar biasa dari pemasaran email jika Anda hanya tahu beberapa taktik pintar!

     1.    Buat Daftar Anda
Pertama dan terutama, hanya mengirim email kepada mereka yang telah setuju untuk memberi Anda daftar email mereka. Saya cukup menekankan hal ini - hari-hari membeli daftar email sudah berakhir! Tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam melakukan hal ini. Tidak hanya email Anda pasti akan berakhir di bagian spam, domain perusahaan Anda mungkin juga masuk daftar hitam. Alih-alih, siapkan daftar pelanggan yang entah bagaimana pernah terlibat dengan perusahaan Anda di masa lalu dan dengan sukarela memberikan alamat email mereka kepada Anda.

     2.    Segmen Email Anda
Jika Anda mengirim email yang sama kepada semua orang, mereka mungkin tidak seefektif yang Anda harapkan. Teliti perilaku dan minat calon pelanggan Anda, dan kemudian bagilah daftar calon pelanggan Anda menjadi beberapa kelompok. Di halaman web apa itu? Posting blog apa yang mereka baca? Apa yang mungkin menarik bagi mereka? Tidak ada gunanya mengirimkan email "satu ukuran cocok untuk semua" kepada pengguna yang membaca posting blog, pengguna yang meninggalkan barang di keranjang belanja dan petunjuk yang sama sekali baru.

     3.    Tulis baris subjek yang menarik
33% orang memutuskan apakah akan membuka email berdasarkan baris subjek saja atau tidak. Jadi Anda hanya punya sekitar 35 karakter untuk membujuk orang untuk membuka email Anda. Hanya apa yang membuat baris subjek yang baik? Ya, itu tentu saja tergantung pada apa yang Anda tawarkan dan apa yang Anda inginkan dari kampanye. Pada dasarnya, manfaat yang mungkin harus dinyatakan di muka dan diringkas dalam karakter sesedikit mungkin. Ya, Anda memiliki 35 karakter tetapi tidak ada yang akan membaca judul yang panjang. Dan JANGAN gunakan capslock atau terlalu banyak tanda penjelasan - "tanda seru berganda adalah tanda pasti dari pikiran yang sakit", kata Terry Pratchett.

     4.    Minta seseorang dari perusahaan Anda untuk mengirim email
Hubspot menemukan bahwa email yang dikirim dari alamat email pribadi memiliki rasio klik per tayang (CTR) yang lebih tinggi daripada email dari perusahaan. Tentu saja, ini mungkin berbeda untuk Anda sehingga akan lebih baik untuk menguji A/B email Anda untuk mengetahui apa yang terbaik. Apa pun yang Anda pilih, jangan gunakan alamat email seperti spam, seperti "noreply@brand.com." Tidak ada yang akan membukanya.

     5.    Miliki tombol Ajakan Bertindak yang Memikat
Anda ingin mendapatkan kurs terbuka yang lebih tinggi, bukan? Untuk tujuan itu, Anda ingin memulai kampanye email. Tetapi jika penerima Anda tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan, kampanye Anda mungkin tidak akan sangat efektif. Buat tombol CTA yang terlihat mengarahkan pembaca buletin Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan (seperti mengunduh uji coba gratis).

      6.    Pastikan email berfungsi di ponsel
Setidaknya setengah dari penerima Anda akan membuka email Anda di perangkat seluler. Jika email Anda tidak kompatibel dengan browser seluler, tingkat konversi Anda akan banyak menderita. Siapa yang ingin membaca font kecil, memperbesar dan memperkecil untuk mendapatkan email yang terlihat benar atau secara perlahan memuat gambar dalam buletin Anda? Tidak ada.

     7.    Memiliki alat pemasaran email yang baik
Sistem pemasaran email yang cepat, mudah digunakan, dan terjangkau dapat membantu Anda dengan sejumlah tugas: memeriksa tarif terbuka Anda, membuat tes A / B dan membandingkan hasil, menambahkan personalisasi ke email Anda, menjadwalkan buletin dan banyak lagi , masih banyak lagi!

     8.    Tes, tes, tes dan tes.
Itu hanya tip umum yang bisa saya berikan kepada Anda dan sama sekali tidak bisa saya jamin itu akan membuat kampanye Anda sukses. Ada banyak, banyak, banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika datang ke pemasaran email. Apa yang berhasil untuk satu perusahaan mungkin tidak cocok untuk Anda. Satu-satunya cara nyata untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk Anda adalah pengujian, pengujian, dan sekali lagi pengujian.