Email adalah dasar dari setiap bisnis yang baik. Orang
mungkin mengatakan pemasaran email sudah lama mati, tetapi ada sejumlah alasan
mengapa email masih menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan untuk
menghasilkan, memelihara, dan terlibat dengan pelanggan target Anda. Itu
cepat,
memungkinkan untuk menyesuaikan pesan untuk berbagai kelompok pelanggan, tidak
mengganggu (tentu saja lebih sedikit dari panggilan telepon), hampir semua
orang sekarang memiliki akun email dan juga salah satu metode yang paling hemat
biaya di luar sana, cocok untuk kecil bisnis dengan anggaran yang sangat ketat!
Jika Anda membutuhkan cara yang efisien untuk menghasilkan arahan, memiliki
lebih banyak penjualan, terus memberi tahu pelanggan tentang merek Anda,
pemasaran email adalah cara yang tepat!
- 47% orang menggunakan perangkat seluler untuk memeriksa kampanye email rata-rata, sementara 26,9% menggunakan desktop dan 26,1% menggunakan webmail. (Laporan Metrik Pemasaran Email Vision6)
- 40% konsumen mengatakan bahwa ponsel mereka adalah perangkat utama mereka untuk memeriksa email. (The Relevancy Group)
- 63% dari "sangat sukses" menggunakan sistem otomasi pemasaran mereka secara luas, sementara 37% mencapai status terbaik di kelasnya dengan penggunaan terbatas. (Three Deep & Ascend2 “Marketing Automation Trends for Success”)
- Email pribadi memberikan tingkat transaksi enam kali lebih tinggi. (Experian)
- Email dengan konten pesan yang dipersonalisasi menerima kenaikan 5% dalam tarif terbuka dibandingkan dengan email tanpa personalisasi. (Statista)
- Segmentasi daftar email dan email pribadi adalah strategi email paling efektif tahun 2017. (DMA)
Email adalah
salah satu alat komunikasi bisnis paling umum di mana-mana dalam beberapa tahun
terakhir. Penggunaan email dalam bisnis termasuk berkomunikasi dengan rekan
kerja dan pelanggan, menjadwalkan pertemuan, mengirim pemberitahuan otomatis
dan berbagi nawala dengan pelanggan lama dan baru. Salah satu kelebihan email
dalam komunikasi bisnis adalah bahwa hal itu sangat umum sehingga setiap orang
menganggap siapa pun yang memiliki akses Internet dapat mengirim dan menerima
email. Email juga telah digunakan oleh beberapa scammer dan peretas dalam
beberapa tahun terakhir, jadi penting untuk waspada terhadap pesan penipuan.
Penggunaan Email di Kantor
Peran utama
email dalam komunikasi bisnis adalah menghubungkan orang-orang dalam perusahaan
atau organisasi yang sama. Email sangat sering digunakan untuk mengajukan
pertanyaan rekan kerja tanpa harus mengganggu mereka dengan panggilan telepon
atau ketukan di bahu. Mereka terbiasa mengirimkan pengumuman dan risalah rapat,
untuk mendistribusikan formulir penting dan melakukan survei di tempat kerja.
Banyak kantor
memiliki berbagai milis internal yang dapat digunakan orang untuk mengirim
pesan untuk membawanya ke unit tertentu perusahaan, apakah itu semua orang yang
bekerja di sumber daya manusia yang mungkin perlu melihat pembaruan kebijakan
liburan atau semua orang yang bekerja di lantai tertentu yang harus tahu ini
hari ulang tahun rekan kerja. Email juga sering digunakan dengan alat kalender
terintegrasi dari penyedia seperti Microsoft dan Google untuk menjadwalkan
rapat dan acara lainnya.
Lampiran email
biasanya digunakan sebagai cara untuk berbagi file, dari dokumen Microsoft Word
hingga sampel bahan iklan seperti logo atau jingle.
Orang-orang
semakin memeriksa email perusahaan pada perangkat pribadi seperti smartphone,
yang memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja di luar
kantor. Ini bisa positif dan negatif: Orang-orang dapat lebih mudah bekerja
dari rumah atau dengan cepat check-in selama perjalanan pagi, tetapi mereka
juga mungkin memiliki lebih sedikit jam kerja yang sebenarnya ketika tidak
berada di kantor.
Orang-orang
semakin memeriksa email perusahaan pada perangkat pribadi seperti smartphone, yang
memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja di luar kantor.
Ini bisa positif dan negatif: Orang-orang dapat lebih mudah bekerja dari rumah
atau dengan cepat check-in selama perjalanan pagi, tetapi mereka juga mungkin
memiliki lebih sedikit jam kerja yang sebenarnya ketika tidak berada di kantor.
Sopan Santun dalam email di tempat kerja
Peran vital
email dalam komunikasi bisnis membuatnya tidak mengherankan bahwa telah
berkembang aturan etiket formal dan informal di seputar email.
Orang-orang
pada umumnya mencoba menangani email dengan tingkat profesionalisme tertentu,
memastikan memiliki baris subjek yang jelas dan ringkas yang membuat email
mudah dikenali di kotak masuk dan membayar setidaknya beberapa perhatian pada
tata bahasa, ejaan, dan kapitalisasi. Sebagian besar orang mencoba untuk
menghindari segala bentuk komentar yang tidak berwarna dalam email perusahaan,
termasuk lelucon yang rasanya meragukan, rujukan pada politik dan agama atau
pukulan apa pun pada majikan mereka.
Beberapa orang
juga mencoba tampil ceria di email perusahaan, karena sulit untuk menentukan
nada hanya dengan melihat pesan tertulis. Ini dapat dilakukan dengan
menggunakan tanda seru atau emoji, meskipun berlebihan mungkin tampak tidak
profesional. Secara umum, Anda akan ingin mengikuti jejak orang lain di
organisasi Anda ketika datang ke bagaimana menyusun email ke rekan kerja atau
pelanggan.
Banyak
organisasi memiliki kebijakan mereka sendiri tentang email, seperti
mengharuskan format tanda tangan tertentu ditambahkan ke setiap email keluar.
Beberapa tempat kerja memiliki kebijakan tentang kapan, jika pernah, email
perusahaan dapat digunakan untuk alasan pribadi. Banyak juga yang memiliki
kebijakan kapan email harus disimpan atau dihapus demi keamanan.
Pesan Email Otomatis
Menerima pesan
email otomatis dari organisasi yang berbisnis dengan Anda sudah menjadi hal
biasa. Outlet belanja online mengirimkan pemberitahuan penjualan, konfirmasi
pembelian, dan informasi terbaru tentang jadwal pengiriman. Surat kabar dan
organisasi media lainnya mengirimkan email otomatis dengan tajuk utama dan
berita terbaru.
Ada berbagai
perusahaan yang dapat mengirim email otomatis untuk bisnis, termasuk email
pemasaran dan yang dipicu oleh pembelian, kadang-kadang disebut email
transaksional. Undang-undang tertentu mengatur kapan perusahaan dapat menyimpan
alamat email orang, ketika mereka diminta untuk memungkinkan orang memilih
keluar dari email dan kapan mereka dapat mengirim pesan pemasaran. Pastikan Anda
mematuhi peraturan di yurisdiksi Anda dan, berpotensi, di tempat-tempat orang
yang Anda kirimi email bekerja atau tinggal.
Beberapa
penyedia email komersial dapat membantu Anda mengelola penyisihan, daftar
langganan, dan informasi lainnya. Toko sekitar untuk menemukan satu yang
memenuhi kebutuhan Anda dengan harga yang Anda suka.
Dunia Buletin Email
Newsletter
email menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa bisnis
menggunakannya untuk menjangkau pelanggan dan memberi tahu mereka tentang
penjualan, produk baru atau layanan yang ada. Misalnya, bisnis pembersihan
kolam mungkin mengirim buletin yang mengingatkan orang tentang layanannya saat
musim panas tiba, atau studio podcast mungkin mengirimkan buletin email yang
mengumumkan seri baru atau musim baru dari pertunjukan yang ada.
Dalam kasus
lain, buletin itu sendiri adalah produk. Beberapa organisasi media dan kelompok
lain telah sukses dengan buletin berbayar yang berisi informasi yang tidak
tersedia di tempat lain. Beberapa di antaranya dibuat dengan platform khusus
atau melalui alat crowdfunding seperti Patreon.
Seperti halnya
email komersial lainnya, jika Anda mengirim buletin email, Anda harus
memastikan bahwa Anda memiliki persetujuan eksplisit dari orang yang Anda
kirimi pesan dan mereka memiliki cara mudah untuk berhenti berlangganan. Anda
mungkin mengundang orang untuk mendaftar buletin ketika mereka mengunjungi
situs Anda atau ketika mereka menyelesaikan transaksi, misalnya. Biasanya, jika
Anda menawarkan buletin berbayar, Anda harus memastikan orang memiliki cara
mudah untuk membatalkan langganan mereka dan berhenti ditagih.
Risiko Penipuan Email
Penipuan
email, sering dikenal sebagai phishing, telah menjadi lazim dalam beberapa
tahun terakhir. Scammers mengirim email kepada orang-orang yang menyamar
sebagai institusi tepercaya atau bahkan rekan kerja individu, berusaha menipu
penerima untuk mengirim uang atau memberikan informasi berharga seperti nama
pengguna dan kata sandi. Dalam beberapa kasus, email ini dikirim secara massal
ke sejumlah besar penerima, tetapi dalam kasus lain mereka secara khusus
ditargetkan untuk penerima tertentu.
Malware
kadang-kadang juga didistribusikan melalui email, biasanya melalui lampiran
atau tautan ke situs teduh yang termasuk dalam pesan email. Dalam beberapa
kasus, jika file yang dicurigai dibuka, itu akan menginfeksi komputer penerima
dan menggunakan perangkat lunak emailnya untuk mengirimkan lebih banyak salinan
dirinya ke kontak penerima asli.
Untuk
menghindari menjadi korban penipuan email, perhatikan alamat dari mana pesan
berasal dan pastikan mereka benar-benar cocok dengan orang atau lembaga yang
mereka klaim berasal. Periksa apakah ada tautan dalam email yang menuju ke
situs yang mereka klaim akan taut. Jika Anda menerima email yang tidak terduga
dengan lampiran, periksa apakah itu sebenarnya dari orang yang mengaku berasal,
bahkan jika Anda perlu menelepon atau mengirim pesan kepada orang tersebut
untuk mengkonfirmasi identitas.
Banyak
perusahaan memiliki perangkat lunak antivirus untuk memindai surel masuk dan
keluar untuk mencari malware, tetapi tetaplah waspada untuk menghindari
penipuan.
Alternatif untuk Email
Di beberapa
kantor, email semakin banyak digantikan oleh perangkat lunak pengiriman pesan
instan, seperti Microsoft Teams atau Slack. Perusahaan juga menggunakan alat
olahpesan dan perangkat lunak jejaring sosial untuk berbicara dengan pelanggan,
seringkali melalui kotak obrolan otomatis atau tautan yang ditempatkan di situs
web perusahaan.
Platform
real-time ini seringkali bisa lebih cepat dan lebih nyaman daripada menggunakan
email. Banyak juga membuatnya mudah untuk berbagi file atau bahkan mengatur
sesi konferensi suara dan video, sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara
langsung melalui email.
Namun, tidak
mungkin platform ini akan sepenuhnya menggantikan email dalam waktu dekat.
Banyak orang
saat ini mengatakan bahwa kampanye email tidak berfungsi lagi, Anda harus fokus
pada saluran komunikasi lain dan berhenti menggunakan email. Saya pikir alasan
orang mengatakan ini adalah karena mereka tidak mendapatkan hasil yang
diharapkan dari itu - dan bukannya mencoba untuk mengetahui kesalahan mereka
dan memperbaikinya, mereka sepenuhnya mengabaikan pemasaran email. Anda bisa
mendapatkan hasil yang luar biasa dari pemasaran email jika Anda hanya tahu
beberapa taktik pintar!
1. Buat
Daftar Anda
Pertama dan
terutama, hanya mengirim email kepada mereka yang telah setuju untuk memberi
Anda daftar email mereka. Saya cukup menekankan hal ini - hari-hari membeli
daftar email sudah berakhir! Tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam melakukan
hal ini. Tidak hanya email Anda pasti akan berakhir di bagian spam, domain
perusahaan Anda mungkin juga masuk daftar hitam. Alih-alih, siapkan daftar
pelanggan yang entah bagaimana pernah terlibat dengan perusahaan Anda di masa
lalu dan dengan sukarela memberikan alamat email mereka kepada Anda.
2. Segmen
Email Anda
Jika Anda
mengirim email yang sama kepada semua orang, mereka mungkin tidak seefektif
yang Anda harapkan. Teliti perilaku dan minat calon pelanggan Anda, dan
kemudian bagilah daftar calon pelanggan Anda menjadi beberapa kelompok. Di
halaman web apa itu? Posting blog apa yang mereka baca? Apa yang mungkin
menarik bagi mereka? Tidak ada gunanya mengirimkan email "satu ukuran
cocok untuk semua" kepada pengguna yang membaca posting blog, pengguna
yang meninggalkan barang di keranjang belanja dan petunjuk yang sama sekali
baru.
3. Tulis
baris subjek yang menarik
33% orang
memutuskan apakah akan membuka email berdasarkan baris subjek saja atau tidak.
Jadi Anda hanya punya sekitar 35 karakter untuk membujuk orang untuk membuka
email Anda. Hanya apa yang membuat baris subjek yang baik? Ya, itu tentu saja
tergantung pada apa yang Anda tawarkan dan apa yang Anda inginkan dari
kampanye. Pada dasarnya, manfaat yang mungkin harus dinyatakan di muka dan
diringkas dalam karakter sesedikit mungkin. Ya, Anda memiliki 35 karakter
tetapi tidak ada yang akan membaca judul yang panjang. Dan JANGAN gunakan
capslock atau terlalu banyak tanda penjelasan - "tanda seru berganda adalah
tanda pasti dari pikiran yang sakit", kata Terry Pratchett.
4. Minta
seseorang dari perusahaan Anda untuk mengirim email
Hubspot
menemukan bahwa email yang dikirim dari alamat email pribadi memiliki rasio
klik per tayang (CTR) yang lebih tinggi daripada email dari perusahaan. Tentu
saja, ini mungkin berbeda untuk Anda sehingga akan lebih baik untuk menguji A/B
email Anda untuk mengetahui apa yang terbaik. Apa pun yang Anda pilih, jangan
gunakan alamat email seperti spam, seperti "noreply@brand.com." Tidak
ada yang akan membukanya.
5. Miliki
tombol Ajakan Bertindak yang Memikat
Anda ingin
mendapatkan kurs terbuka yang lebih tinggi, bukan? Untuk tujuan itu, Anda ingin
memulai kampanye email. Tetapi jika penerima Anda tidak tahu apa yang
seharusnya mereka lakukan, kampanye Anda mungkin tidak akan sangat efektif.
Buat tombol CTA yang terlihat mengarahkan pembaca buletin Anda untuk melakukan
apa yang Anda inginkan (seperti mengunduh uji coba gratis).
6. Pastikan
email berfungsi di ponsel
Setidaknya
setengah dari penerima Anda akan membuka email Anda di perangkat seluler. Jika
email Anda tidak kompatibel dengan browser seluler, tingkat konversi Anda akan
banyak menderita. Siapa yang ingin membaca font kecil, memperbesar dan
memperkecil untuk mendapatkan email yang terlihat benar atau secara perlahan
memuat gambar dalam buletin Anda? Tidak ada.
7. Memiliki
alat pemasaran email yang baik
Sistem
pemasaran email yang cepat, mudah digunakan, dan terjangkau dapat membantu Anda
dengan sejumlah tugas: memeriksa tarif terbuka Anda, membuat tes A / B dan
membandingkan hasil, menambahkan personalisasi ke email Anda, menjadwalkan
buletin dan banyak lagi , masih banyak lagi!
8. Tes,
tes, tes dan tes.
Itu hanya tip
umum yang bisa saya berikan kepada Anda dan sama sekali tidak bisa saya jamin
itu akan membuat kampanye Anda sukses. Ada banyak, banyak, banyak hal yang
perlu dipertimbangkan ketika datang ke pemasaran email. Apa yang berhasil untuk
satu perusahaan mungkin tidak cocok untuk Anda. Satu-satunya cara nyata untuk mengetahui
apa yang paling cocok untuk Anda adalah pengujian, pengujian, dan sekali lagi
pengujian.
0 Comments