Picture by 200 Degrees

Pertama, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana tema berdampak pada blog dengan cara berikut:


  1. Pencitraan merek
Blog yang secara efektif bermerek biasanya menggunakan tema blog sebagai bagian dari strategi pencitraan merek mereka. Bagaimana tema Anda saat ini berkontribusi pada pencitraan merek blog Anda? Akankah mengubah tema Anda menyebabkan hilangnya beberapa manfaat yang telah Anda kembangkan dari waktu ke waktu dalam membangun merek Anda?

Jika blog Anda memiliki merek yang mapan tetapi Anda merasa sudah waktunya untuk perubahan tema, pertimbangkan untuk membuat tema baru yang masih akan menampilkan banyak elemen yang dapat dikenali sama dengan tema Anda saat ini. Misalnya, pertimbangkan untuk menggunakan logo, skema warna, gaya tata letak, dll yang sama sambil memberikan tema beberapa pembaruan untuk meningkatkan tampilan. Di sisi lain, terkadang perubahan drastis juga bisa bagus. Ini adalah keputusan yang harus dipikirkan dengan mempertimbangkan apa yang harus Anda dapatkan dan apa yang dapat berpotensi Anda kehilangan.


      2. Keunikan

Dengan begitu banyak blog di luar sana, dan begitu banyak dari mereka yang menggunakan tema gratis yang sama atau tema yang sangat mirip, tampilan yang unik sangat berharga. Dengan mengubah tema Anda akan membuat blog Anda lebih atau kurang unik? Jika saat ini Anda menggunakan tema gratis dan Anda beralih ke tema premium atau tema khusus, kemungkinan Anda akan meningkatkan keunikan. Blog yang setidaknya agak unik lebih mungkin diingat oleh pengunjung, jadi faktor ini harus selalu dipertimbangkan. Tentu saja, jika Anda menggunakan tema gratis yang umum digunakan, Anda selalu dapat membuatnya lebih menonjol dengan menggunakan logo khusus atau gambar / foto header unik.


      3. Penampilan

Jelas, tema Anda akan menjadi faktor paling berpengaruh dalam kualitas tampilan keseluruhan untuk blog Anda. Akankah tema baru benar-benar menjadi peningkatan kualitas, atau hanya sesuatu yang baru? Pastikan bahwa jika Anda akan mengubah tema, Anda mendapatkan peningkatan di beberapa bidang penampilan.


      4. kegunaan

Tema yang berbeda akan memiliki berbagai tingkat kegunaan untuk pembaca. Pembaca Anda saat ini dapat digunakan untuk tema Anda dan ke mana mereka harus pergi untuk menemukan apa yang mereka cari. Apakah tema baru akan lebih sulit untuk mereka gunakan? Anda mungkin perlu membuat beberapa penyesuaian atau penyesuaian pada tema untuk mencapai tingkat kegunaan yang akan Anda dan pengunjung Anda akan senangi. Kegunaannya bisa lebih penting daripada penampilan. Jika ada perubahan yang signifikan, pertimbangkan untuk menulis posting yang akan menjelaskan di mana semuanya dan bagaimana menggunakan tema baru.


      5. Fungsionalitas

Ada beberapa area fungsionalitas yang selalu penting untuk blog. Di mana tautan langganan? Apakah ada fungsi pencarian? Apakah ada ruang untuk iklan jika Anda tertarik menjual ruang iklan? Ini semua hal yang harus dipertimbangkan setiap kali Anda memikirkan mengubah tema. Selain itu, banyak blog menampilkan konten unggulan di area yang menonjol. Beberapa blogger mencapai ini hanya dengan menautkan ke pos populer di sidebar, tetapi yang lain melakukannya dengan menempatkan tautan ke konten unggulan di area lain, seperti tajuk. Jika ini adalah sesuatu yang bekerja dengan baik untuk Anda, pastikan bahwa setiap tema baru yang Anda pertimbangkan akan memungkinkan Anda memiliki kemungkinan yang sama.
picture by Clker-Free-Vector-Images
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan:

     1. Apakah tema baru membantu Anda untuk meningkatkan pendapatan yang dihasilkan oleh blog?

Jika Anda menghasilkan uang dengan blog Anda (atau jika Anda akan setelah tema baru diimplementasikan), Anda harus mempertimbangkan menghabiskan uang untuk tema premium atau tema khusus. Menghasilkan uang dengan blog jelas akan mengimbangi biaya tema, plus tema yang lebih baik atau lebih efektif dapat membantu Anda meningkatkan potensi penghasilan blog.

    2. Bagaimana susunan tema Anda saat ini? Bagaimana cara memenuhi kebutuhan Anda?

Ada terlalu banyak tema di luar sana untuk menyelesaikan salah satu yang tidak cukup memenuhi kebutuhan Anda. Jika tema lain akan lebih efektif untuk Anda, pertimbangkan untuk membuat perubahan.

    3. Apa tujuan blog Anda?

Tujuan Anda harus selalu diperhitungkan dalam keputusan Anda tentang tema blog. Apakah Anda bertujuan untuk menjadi blog Top 100 Technorati? Jika demikian, Anda kemungkinan besar harus mendapatkan tema unik berkualitas tinggi. Jika sasaran Anda hanya untuk berkomunikasi dengan pembaca dan Anda tidak peduli dengan menghasilkan uang, mengapa tidak menggunakan tema gratis? Lihatlah tujuan Anda, dan putuskan bagaimana sebuah tema akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

    4. Kapan terakhir kali Anda mengubah tema?

Kebanyakan blogger suka mengubah tema setiap sekarang dan mereka, ditambah itu membuat hal-hal segar dan menarik bagi pembaca. Jika sudah dua tahun sejak Anda mengubah tema, Anda mungkin ingin mempertimbangkan yang baru secara serius. Jika baru dua minggu sejak perubahan terakhir Anda, Anda mungkin akan lebih baik tinggal dengan yang sama untuk sementara waktu. Ini adalah pertanyaan yang cukup jelas untuk dipertimbangkan, tetapi apa yang benar-benar perlu Anda evaluasi adalah apakah blog Anda membutuhkan tampilan baru atau tidak.

    5. Berapa lama tema baru akan efektif?

Jika Anda berharap dapat meningkatkan jumlah pembaca Anda secara signifikan selama beberapa bulan ke depan, pastikan bahwa tema apa pun yang Anda pilih hari ini akan tetap cukup ketika saatnya tiba. Jangan memilih tema yang perlu Anda ubah lagi dalam satu atau dua bulan saat blog Anda mencapai tingkat yang baru.

6. Bisakah Anda menyimpan unsur-unsur tertentu agar membuatnya dapat dikenali?

Jika blog Anda memiliki pemirsa yang mapan, kemungkinan besar Anda ingin menjaga beberapa elemen dari tema Anda saat ini untuk membuat tema baru masih dapat dikenali bagi pengunjung. Apakah Anda dapat menggunakan logo atau skema warna yang sama?